Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis

Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis


Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis - Bicara tentang osteoporosis, osteoporosis ini merupakan salah satu penyakit yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan terkena patah. Salah satu cara untuk mencegah osteoporosis semakin parah ialah dengan cara menjaga pola makan, dengan mengkonsumsi Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis, dan menghindari jenis makanan yang dilarang dikonsumsi bagi penderita osteoporosis.

Anda kini sedang menderita osteoporosis ?, dan anda kini sedang mencari jenis Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis ?, Jika memang demikian, maka mari simak terus artikel ini sampai tuntas, karena pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis. Dan berikut ini sedikit penjelasan tentang osteoporosis dan informasi tentang beberapa jenis makanan sehat bagi penderita osteoporosis.


Sebelum memberikan informasi tentang beberapa jenis Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis, kiranya ada beberapa hal yang cukup penting dan perlu diketahui perihal penyakit osteoporosis. Osteoporosis ini merupakan suatu kondisi dimana kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Wanita lebih berisiko untuk terkena osteoporosis, sehingga pada umumnya penyakit osteoporosis ini terjadi pada wanita yang menopause.

Pada umumnya, osteoporosis baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang, setelah pasien jatuh ringan. Retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan tulang belakang merupakan kasus yang paling banyak di temui penderita osteoporosis. Di Indonesia sendiri, berdasarkan penelitian pada tahun 2006, sebanyak 23% wanita berusia 50-80 tahun dan 53% wanita berusia 70-80 tahun mengidap osteoporosis. Kekurangan kalsium diperkirakan menjadi penyebab kasus-kasus osteoporosis di Indonesia.

Dan diperkirakan sekitar 80% kasus gejala osteoporosis pada penderitanya timbul karena faktor keturunan, dan 20% sisanya, timbul sebagai akibat dari pola makan serta pola hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga dan mengontrol asupan makanan yang kita konsumsi. Namun bagi anda yang kini sudah terlanjur mengalami osteoporosis, maka selain menjalani pengobatan, anda juga perlu menjaga pola makan dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Kenapa harus atau perlu menjaga dan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi ?, Hal ini karena selain untuk mencegah memperparah kondisi osteoporosis yang di alami, menjaga pola makan dan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi juga dapat mempercepat proses penyembuhan, hal ini karena beberapa jenis makanan bisa mengembalikan kepadatan tulang dan kekuatan tulang secara alami. Dan berikut ini beberapa jenis Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis, Diantaranya :
  • Ikan
Ikan yang memiliki kandungan mineral tinggi sangat cocok untuk meningkatkan kembali kadar kalsium bagi penderita osteoporosis. Ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna merupakan jenis ikan yang cocok untuk meningkatkan kembali kadar kalsium bagi penderita osteoporosis. Selain itu, ke tiga jenis ikan tersebut juga sangat bagus untuk kesehatan tulang, sehingga dapat mengatasi penyakit osteoporosis dan mencegah beberapa penyakit sendi serta rematik. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 yang terdapat pada ketiga jenis ikan tersebut.

  • Telur
Telur sangat baik untuk menguatkan tulang dan menjauhkan kita dari penyakit osteoporosis, hal ini karena telur ini, selain mengandung protein yang tinggi, telur juga memiliki kandungan vitamin D alami.

  • Sayuran
Terdapat berbagai kandungan mineral dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya dapat menjadikan tulang semakin kuat. Sayur-sayuran yang baik bagi kesehatan dan dapat menjadikan tulang semakin kuat tersebut ialah seperti brokoli, bit, kembang kol, dan beberapa sayuran berwarna hijau gelap. Sayuran tersebut sangat baik jika di konsumsi secara rutin oleh penderita osteoporosis. Meski begitu, namun hindarilah mengkonsumsi bayam, hal ini karena di dalamnya terdapat senyawa oxlate yang dapat mencegah kalsium di serap oleh tubuh.

  • Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan yang mengandung mineral tinggi, seperti mangan, magnesium, dan fospor sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita osteoporosis. Kacang almond dan pistachio merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan kalsium paling tinggi di bandingkan dengan jenis kacang lainnya.
  • Buah-Buahan
Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu, jeruk, nanas, apel, pisang, stawberry dan kurma merupakan jenis buah-buahan yang sangat baik di konsumsi oleh penderita osteoporosis.

Itulah beberpa jenis Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis. Akan tetapi, selain makanan tersebut, ada juga beberapa minuman dan nutrisi lain yang sangat bagus bagi penderita osteoporosis. Minuman dan nutrisi yang dimaksud ialah seperti susu, hal ini karena susu mengandung tinggi protein, dan kalsium. Selain susu, ragi dan sinar matahari pagi juga sangat baik bagi penderita osteoporosis. Hal ini karena ragi mengandung kalsium dan sinar matahari pagi mengandung vitamin D.

Dengan begitu, maka kini untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat tidaklah sulit. Karena hanya dengan mengkonsumsi Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis tersebut, anda kini bisa memperbaik atau mengobati tulang anda yang rapuh atau osteoporosis. Dan jika osteoporosis yang anda alami ingin cepat sembuh, maka selain mengkonsumsi jenis Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis tersebut, anda juga perlu mengkonsumsi obat osteoporosis yang ampuh.

Dan bagi anda yang menderita osteoporosis yang belum juga kunjung sembuh-sembuh atau bagi anda yang saat ini belum menemukan solusi obat yang tepat dan cepat dalam mengobati osteoporosis, maka kini anda jangan khawatir, karena pada kali ini, saya akan merekomendasikan Obat Alami Osteoporosis Paling Ampuh Tanpa Efek Samping. Jika anda mengalami osteoporosis yang tidak kunjung sembuh, maka tidak ada salahnya anda mencoba mengobati osteoporosis yang anda alami dengan obat alami tersebut.

ITULAH SEKILAS INFORMASI DARI SAYA MENGENAI PENYAKIT OSTEOPOROSIS DAN JENIS Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis. SEMOGA INFORMASI DARI SAYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN. 
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI DAN MENYIMAK ARTIKEL INI SAMPAI TUNTAS.

SEMOGA LEKAS SEMBUH DAN SALAM SEHAT !!!


Komentar