Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik


Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik - Rematik atau sering juga disebut encok ini merupakan istilah yang sering digunakan masyarakat yang merujuk pada rasa sakit di persendian, tulang dan otot. Dari sisi medis penyakit rematik atau sering juga disebut rheumatoid arthritis sendiri merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan rasa sakit pada tulang, persendian, dan otot, yang diakibatkan oleh otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan.

Penyakit rematik ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Bagian yang paling sering terkena rematik yaitu, tangan, pegelangan tangan, kaki dan lutut. Meski begitu, namun rematik juga bisa menjalar kebagian tubuh lainnya. Lapisan sendi yang terpengaruh, membuat pasien berisiko mengalami perubahan bentuk sendi dan erosi tulang. Penyakit rematik ini biasanya mempengaruhi sebagian besar perempuan, perokok, dan orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini.

Rematik terdiri dari berbagai jenis dan bisa menjangkit persendian mana pun pada tubuh. Dan sebenarnya, terdapat 100 lebih jenis rematik, namun dilihat dari proses patalogisnya, rematik dibagi menjadi dua, yakni rematik artikuler (terjadi dalam persendian) dan rematik extra artikuler (terjadi di luar persendian). Jika seseorang mengalami rematik, maka selain melakukan pengobatan, saya sarankan pengidap rematik juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Salah satu cara memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ialah dengan cara mengetahui dan menghindari beberapa jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik. Hal ini dilakukan, karena memperhatikan asupan makanan dengan cara menghindari jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik, dapat mempercepat proses penyembuhan rematik yang diderita. Lalu apakah anda tahu apa saja jenis  Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik ?

Bagi anda yang belum tahu apa saja jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik, Maka kini anda tidak usah khawatir dan cemas, karena pada postingan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang beberapa jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik. Maka dari itu mari simak terus artikel ini sampai tuntas agar dapat menambah ilmu pengetahuan dan aga dapat mengetahui beberapa jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik.

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik



Dari segi makanan, memang ada beberapa jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik, dan apabila anda mengabaikan atau tidak menjaga pola makan yang sehat dan tidak memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, maka dapat dipastikan, rematik yang anda derita akan bertambah buruk, dan apabila kondisi ini terus menerus terjadi, maka dapat membahayakan nyawa anda. Berikut ini beberapa jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik, diantaranya :
  • Sayuran
Pada umumnya, sayuran ini sangat bagus dan menyehatkan tubuh, hal ini karena di dalam sayuran banyak sekali jenis vitamin dan mineral yang bagus jika dikonsumsi. Meski begitu, namun ada beberapa jenis sayuran yang harus dihindari bagi penderita rematik. Bayam, jamur, kembang kol, sawi dan kangkung merupakan jenis sayuran yang harus dihindari penderita rematik, hal ini dikarenakan, dalam sayuran tersebut, terdapat zat purin yang tinggi, sehingga dapat memicu sendi yang sakit.

  • Santan
Santang mengandung zat purin yang tinggi, dan kaya akan zat kolesterol, yang dimana, kandungan zat purin tersebut dapat menjadi pemicu sendi menjadi sakit bagi penderita rematik. Dengan begitu, sehingga, sebaiknya, anda hindari mengkonsumsi segala makanan yang mengandung santan, meskipun makanan yang mengandung santan sangat lezat dan gurih.
  • Daging Kambing
Daging kambing ini sangat lezat dikonsumsi, apalagi jika diolah dengan cara di sate, atau di tongseng. Meksipun nampaknya sangat lezat, namun daging kambing ini merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita rematik dan juga penderita penyakit lainnya, seperti, hpertensi, dan kolesterol. Hal ini dikarenakan, daging kambing mengandung kandungan lemak dan zat purin yang tinggi dalam daging kambing, sehingga daging kambing ini menjadi makanan yang harus dihindari bagi pengidap penyakit tersebut.
  • Jeroan
Jeroan merupakan makanan yang diambil dari halaman hewan yang terdiri dari usus, hati, ampela, jantung, otak, dan lain sebagainya. Bagi anda yang saat ini sedang mengidap rematik, maka sebaiknya anda menghindari makanan jeroan tersebut, hal ini karena makanan jeroan tersebut dapat memicu kambuh dan nyeri di bagian yang terserang.
  • Seafood
Makanan seafood ini merupakan makanan yang sebagian orang menjadikan makanan favoritnya, hal ini karena makanan seafood ini gurih, dan bisa diolah ke dalam berbagai jenis masakan. Meskipun sangat lezat dan gurih, akan tetapi, bagi pengidap penyakit rematik, maka sebaiknya anda hindari mengkonsumsi makanan seafood, terutama jenis kepititing dan udang. Hal ini dikarenakan makanan seafood dapat memicu munculnya gejala rematik dan membuat kambung.

Itulah jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik. Akan tetapi, selain menhindari beberapa jenis makanan tersebut, saya sarankan, anda juga harus menhindari aktivitas-aktivitas berbahaya yang dapat meningkatkan risiko untuk mempertambah parah kondisi dan terkena rematik. Berikut ini beberapa aktivitas berbahaya, yang sebaiknya pengidap rematik hindari, diantaranya :
  • Bergadang
  • Mandi malam
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Merokok
  • Mengangkat beban berat
Penyakit rematik memang tidak bisa disembuhkan secara instan, dibutuhkan pengobatan yang intens agar rematik dapat sembuh. Namun selain pengobatan, salah satu cara agar dapat mempercepat proses penyembuhan ialah dengan cara menghindari jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Rematik tersebut. Selain makanan yang dihindari, berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi penderita rematik, antara lain, produk olahan susu, ikan dan makanan lainnya yang mengandung prtotein.


ITULAH INFORMASI DARI SAYA MENGENAI BEBERAPA JENIS Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita RematikSEMOGA INFORMASI DARI SAYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI DAN MENYIMAK ARTIKEL INI SAMPAI TUNTAS, SEMOGA LEKAS SEMBUH DAN SALAM SEHAT !!!


Komentar