Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal

Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal

Gejala Kanker Paru-Paru Stadium AwalKanker paru-paru ini termasuk salah satu jenis penyakit kanker yang sangat mematikan dan banyak diantara kita (masyarakat) yang menderita kanker paru-paru ini. Mengetahui beberapa gejala awal kanker paru-paru merupakan salah satu cara untuk mencegah bertambah parahnya penyakit kanker paru-paru yang diderita.

Apakah anda tahu apa saja gejala kanker paru-paru pada stadium awal ?, Bagi anda yang belum tahu apa saja gejala awal kanker paru-paru ini, maka kini anda tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal yang perlu diketahui dan wajib di waspadai.

Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal

Kanker paru-paru merupakan suatu kondisi dimana sel-sel tumbuh secara tidak terkendali (abnormal) di dalam paru-paru. Ini selanjutnya dapat menyebabkan tumor terbentuk. Paru-paru sendiri merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke dalam darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksida saat menghela napas.

Apabila pertumbuhan sel-sel abnormal tersebut dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan, maka pertumbuhan sel abnormal tersebut dapat menyebar ke luar dari paru-paru melalui suatu proses yang biasa disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau organ tubuh lainnya. Kanker paru-paru ini dapat menyebabkan ketidak mampuan tuibuh dalam berfungsi.

Dengan begitu, sehingga dapat menyebabkan kualitas hidup yang buruk. Kanker paru-paru termasuk jenis knaker yang umum terjadi dan Menurut WHO (organisasi kesehatan dunia), kanker paru-paru merupakan penyebab paling umum kematian akibat kanker. Selain itu, berdasarkan data WHO, kanker paru-paru salah satu jenis penyakit kanker yang paling sering menyerang laki-laki Indonesia.

Sementara itu, di Indonesia sendiri terdapat 25.322 kasus kanker paru-paru yang menimpa pria dan 9.374 kasus yang menimpa wanita. Data ini berdasarkan data Globocan atau International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012. Angka kejadian kanker paru-paru cukup rendah pada usia dibawah 40 tahun, dan semakin meningkat hingga usia 70 tahun.

Meskipun kanker paru-paru menjadi salah satu penyebab paling umum kematian kanker, namun kanker paru-paru juga merupakan salah satu jenis kanker yang dapat di cegah. Terdapat beberapa jenis kanker paru, namun, berikut ini jenis kanker paru yang paling umum dinamai berdasarkan ukuran sel dalam tumor kanker, antara lain : kanker paru sel kecil dan kanker paru non sel kecil.

Kanker paru sel kecil, yang dimana kondisi ini, sel-sel kanker terlihat kecil di bawah mikroskop. Kondisi jenis kanker paru ini dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat, namun jarang terjadi, sekitar 1 dari 8 orang dengan kanker paru-paru memiliki kanker sel kecil. Kanker paru sel kecil ini biasanya hanya menimpa para perokok berat.

Kanker paru non sel kecil ialah kondisi sel-sel kanker lebih besar daripada kanker paru-paru sel kecil. Lebih banyak orang memiliki jenis kanker paru-paru non sel kecil ini, sekitar 7 dari 8 orang dengan kanker jenis ini. Pengobatan kanker paru jenis non sel kecil ini berbeda, karena kanker paru jenis non sel kecil ini tidak berkembang secepat kanker paru jenis sel kecil.

Kanker paru jenis non sel kecil berpeluang empat kali lebih sering terjadi dibandingkan dengan kanker paru sel kecil. Jenis kanker paru yang kurang umum lain dari kanker paru non-sel kecil ialah pleomorfik, tumor karsinoid, karsinoma kelenjar ludah, dan karsinoma tak terklasifikasi. Penyebab paling umum terjadinya kanker paru-paru ini ialah merokok, penggunaan pipa cangklong (cerutu).

Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal

Mengetahui atau menyadari keberadaan kanker paru sejak dini tidaklah mudah, karena gejala kanker paru tidak khas dan seringkali mirip dengan penyakit lain, sehingga banyak pasien kanker paru didiagnosis ketika sudah memasuki stadium lanjut. Meski begitu, namun berikut ini beberapa Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal yang umum terjadi dna wajib diwaspadai, diantaranya :
  • Perubahan pernapasan (menjadi lebih pendek)
  • Berat badan menurun secara drastis
  • Mengi
  • Batuk terus menerus (tak kunjung sembuh dari dua pekan)
  • Dada terasa nyeri
  • Batuk berdarah
  • Suara menjadi serak
  • Seringkali mengalami sesak napas
  • Perubahan batuk, misalnya menjadi batuk berdahak, kering dan lain sebagainya
Apakah anda atau kerabat anda mengalami beberapa Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal tersebut ?, Jika memang demikian, maka anda harus lebih waspada, karena bisa saja anda mengidap kanker paru-paru. Apabila mengalami beberapa gejala seperti di atas tersebut, maka alangkah baiknya segera lakukan pemeriksaan kondisi kesehatan anda atau segera berkonsultasi ke dokter.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI "GEJALA KANKER PARU-PARU STADIUM AWAL. TERIMA KASIH TELAH MENYIMAK ARTIKEL DAN MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (ICHSAN HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN.

Sponsored By

Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal

Komentar